Selasa, 12 April 2011

Pergelaran #koinsastra untuk PDS HB Jassin

Dari sastrawan, musisi, hingga intelektual bersatu menggalang dana untuk menyelamatkan Pusat Data Sastra HB Jassin. Inilah acara yang mengajak kita berkontribusi sambil nonton Dewa Budjana, Reda Gaudiamo, Anji Drive, Sujiwo Tejo, Ayu Laksmi, dan banyak lagi.


Pergelaran yang bertajuk Konser #koinsastra ini akan melibatkan musisi, penyanyi, penyair, dan para penulis yang bersatu menggalang dana guna menyelamatkan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin yang terancam tutup. Lembaga yang menyimpan ribuan dokumen sastra dan berdiri sejak 1977 itu tak mampu lagi menanggung beban operasional dan pemeliharaan. Pemda DKI pernah menganggarkan sebesar Rp500 juta, tapi berangsur-angsur terus berkurang. Hingga terakhir, dikabarkan Pemda DKI hanya bisa memberikan sebesar Rp50 juta. Jumlah ini tentu tidak cukup untuk merawat ribuan naskah, gaji karyawan, dan pelayanan pada publik.

Untuk itulah, dibentuk tim #koinsastra lewat jejaring sosial Twitter dan Facebook yang bekerja sama dengan Bentara Budaya Jakarta (BBJ) akan menggelar pergelaran amal Konser #koinsastra pada 13 April 2011 pukul 19.30 di pelataran BBJ. Para pengisi acara adalah mereka yang secara spontan menyambut ajakan tim #koinsastra. Mereka yang akan tampil, antara lain gitaris GIGI, Dewa Budjana, yang akan menggandeng penyanyi Sarasdewi, serta vokalis Drive, Erdian Aji, atau lebih dikenal dengan Anji Drive.

Selain itu, ajakan ini disambut oleh pelantun tembang-tembang spiritual yang bermukim di Bali, Ayu Laksmi. Penembang sajak bersuara merdu yang dikenal dengan album Hujan Bulan Juni, Reda Gaudiamo, juga akan mengalunkan komposisi-komposisi yang digubah dari puisi karya Sapardi Djoko Damono. Tidak tinggal diam, pesinden hip hop yang kemudian dikenal menjadi sinden dalam program Segerrrr di ANTV, Soimah Pancawati, turut berpartisipasi. Turut pula tampil kelompok band indie Float dan 3 Hari. Dengan semangat muda, mereka turut serta menjadi lokomotif penggalangan dana malam itu.

Dari kelompok intelektual dan penulis, akan bergabung dramawan Putu Wijaya dari Teater Mandiri, juga sutradara film Garin Nugroho. Sutradara film dan penulis cerpen Djenar Maesa Ayu, juga tertantang untuk membaca cerpen sebagai wujud partisipasinya terhadap dunia sastra. Terlibat pula pembaca sajak dan aktor Jose Rizal Manua serta penyair Warih Wisatsana dan Gunawan Maryanto. Penyanyi yang mantan wartawan tetapi lebih dikenal sebagai dalang, Sujiwo Tejo, akan tampil meniup saksofon. Tejo yang pernah melahirkan album fenomenal Pada Suatu Ketika itu berjanji akan turut mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya buat penyelamatan PDS HB Jassin. Anggota DPRD DKI Jakarta Wanda Hamidah juga berencana turut serta menjadi penggalang dana.

Oh iya, buat pembaca yang tidak sempat hadir ke Konser #Koinsastra tapi ingin ikut menyumbang, silakan kirim bantuan ke rekening BCA 777 081 7565 atas nama Zeventina Oktaviani.

Fast Tract:
Bentara Budaya Jakarta
Jln. Palmerah Selatan No. 17, Jakarta Pusat
Telp.: (021) 548 3008, (021) 549 0666
Waktu: 13 April 2011
Pukul: 19.30

* Tulisan ini juga diterbitkan di areamagz.com, klik disini.

1 komentar: